Kamis, 23 Februari 2012

LAPORAN 1 (Membuat Jaringan LAN, Sharing, dan membuat WORKGROUP)

A. Tujuan
1.  Mahasiswa dapat membuat jaringan LAN
2.  Mahasiswa  dapat menshering file
3.  Mahasiswa dapat membuat workgroup

B. Alat
1.  Kabel Straight
2.  24 unit komputer/laptop
3.  Switch 5 unit
4.  Tester Cable Network
 
C. Dasar Teori
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.

LAN (Local Area Network)
Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.
Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

Topologi Jaringan
Topologi jaringan adalah bagian yang menjelaskan hubungan antar komputer yang di bangun berdasarkan kegunaan, keterbatasan resource dan keterbatasan biaya, berarti topologi-topologi jaringan yang ada bisa disesuaikan dengan keadaan di lapangan.
Topologi jaringan ada beberapa bentuk sebagai berikut.

1. Topologi Bus
Topologi ini adalah topologi yang awal di gunakan untuk menghubungkan komputer. Dalam topologi ini masing masing komputer akan terhubung ke satu kabel panjang dengan beberapa terminal, dan pada akhir dari kable harus di akhiri dengan satu terminator. Topologi ini sudah sangat jarang digunakan didalam membangun jaringan komputer biasa karena memiliki beberapa kekurangan diantaranya kemungkinan terjadi nya tabrakan aliran data, jika salah satu perangkat putus atau terjadi kerusakan pada satu bagian komputer maka jaringan langsung tidak akan berfungsi sebelum kerusakan tersebut di atasi. 

 
Gambar topologi bus

2. Topologi Ring
Topologi ring adalah topologi jaringan dimana setiap komputer yang terhubung membuat lingkaran. Dengan artian setiap komputer yang terhubung kedalam satu jaringan saling terkoneksi ke dua komputer lainnya sehingga membentuk satu jaringan yang sama dengan bentuk cincin.



Gambar ring topology
Adapun kelebihan dari topologi ini adalah kabel yang digunakan bisa lebih dihemat. Tetapi kekurangan dari topologi ini adalah pengembangan jaringan akan menjadi susah karena setiap komputer akan saling terhubung.

3. Topologi Star
Pada topologi ini kita sudah menggunakan bantuan alat lain untuk mengkoneksikan jaringan komputer. Contoh alat yang di pakai disini adalah hub, switch, dll.
Gambar topologi star
Pada gambar jelas terlihat satu hub berfungsi sebagai pusat penghubung komputer-komputer yang saling berhubungan. Keuntungan dari topologi ini sangat banyak sekali diantaranya memudahkan admin dalam mengelola jaringan, memudahkan dalam penambahan komputer atau terminal, kemudahan mendeteksi kerusakan dan kesalahan pada jaringan. Tetapi dengan banyak nya kelebihan bukan dengan artian topologi ini tanpa kekurangan. Kekurangannya diantaranya pemborosan terhadap kabel, kontrol yang terpusat pada hub terkadang jadi permasalahan kritis kalau seandainya terjadi kerusakan pada hub maka semua jaringan tidak akan bisa di gunakan.

4. Topologi Tree
Topologi tree atau di sebut juga topologi hirarki dan bisa juga disebut topologi bertingkat merupakan topologi yang bisa di gunakan pada jaringan di dalam ruangan kantor yang bertingkat.

Gambar topogi pohon (tree)
Pada gambar bisa kita lihat hubungan antar satu komputer dengan komputer lain merupakan percabangan dengan hirarki yang jelas.sentral pusat atau yang berada pada bagian paling atas merupakan sentral yang aktiv sedangkan sentral yang ada di bawahnya adalah sentral yang pasif.
Sampai disini sedikit pemaran saya pada artikel kali ini dan akan saya lanjutkan pada artikel selanjutnya dengan cara membangun jariangan yang bagus, dan cara penanggulangnan masalah pada jaringan. (fle/lit)





D.Langkah Praktikum

Dalam praktikum kali ini skema yang akan dibuat seperti di bawah ini :



Langkah-langkah praktikum :
1. Pertama-tama cek semua kabel menggunakan Tester Cable Network

2.  jika semua telah di cek dan dapat terhubung,  hubungkan ujung kabel di setiap   komputer/laptop dan ujung yang lain pada switch.

3. Setelah semua sudah terhubung, atur IP yang telah di tentukan pada setiap kelompok LAN.
         LAN 1 : IP --> 192.168.0.11-16
         LAN 2 : IP --> 192.168.0.21-26
         LAN 3 : IP --> 192.168.0.31-36
         LAN 4 : IP --> 192.168.1.1-6

Berikut langkah untuk mengatur IP Address :
  • ·         Klik simbol wirreles pada pojok kanan bawah layar >> Open Network and Sharing Center


  •  klik Change adapter setting 


  • klik kanan pada Local Area Connection >> properties


  • lalu double klik pas Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)


  •  setelah pilih "Use the following IP address: " lalu isi IP dengan ketentuan yang ada, atau seperti di bawah ini 


4. Mematikan Firewall 
  • Klik Start >> Control Panel >> Windows Firewall >> Turn Windows Firewall on or off


  • matikan firewall dengan memilih Turn Off Windows Firewall, lalu Klik OK


5. untuk melihat apakah laptop sudah terhubung dalam satu jaringan, ping laptop dengan cara. Klik Start >> All programs >> accessories >> Command Prompt >> ketik Ping IP Laptop lain (contoh : Ping 192.168.0.24). Jika hasilnya seperti gambar di bawah ini, maka Laptop sudah terhubung dengan baik.



6. Share folder 

  • pilih folder yang akan di share, klik kanan >> properties >> pilih menu "Sharing" di atas >> Advanced sharing
  •  centang "Share this folder" lalu klik ok


  •  setelah itu akan kembali ke menu sebelumnya lalu klik share

  •  pilih "everyone" lalu add



  • untuk mensetting agar folder share dapat di write juga, pilih "everyone" lalu centang "read/write"
  • Bila tulisan "Your folder is shared", maka folder yang anda share sudah berhasil di share. Selanjutnya Klik Done.


6. Membuat WORKGROUP
  • Klik Start >> Klik Kanan pada Computer >> Properties

  • plih menu "Computer Name", lalu klik >> Change

  • di sini anda dapat mengubah computer name dan workgroup, ubah computer name seperti gambar di bawah dan ubah workgroup dengan cara klik >> Workgroup >> lalu tulis nama workgroup sesuai ketentuan yang ada lalu klik OK
  •  setelah itu laptop akan meminta untuk me-restart , close semua program yang berjalan, lalu klik "Restart now"


 F. Hasil
  • untuk melihat workgroup anda apakah berhasil, klik >> start >> computer >> network 
  • untuk melihat hasil share, double klik "LAB1PC23-MUJI"  
  • double klik "Borland"

  • inilah file yang di share



   Created By Ade Sumyana
II A
11615016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar